Jurnal Karya Abdi Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Karya Abdi Masyarakat

Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Permainan Balap Egrang di SD 4 Karangbener Kudus

Ulya, Himmatul (Unknown)
Ardianti, Dekar Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Pemanfaatan media permainan berbasis lingkungan dan keunggulan lokal di dalam pembelajaran SD 4 Karangbener belum dilakukan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan dan menggunakan media permainan. Pembelajaran yang tidak menggunakan media menyebabkan dominasi guru yang tinggi dalam pembelajaran. Peserta didik tidak diberikan kesempatan aktif sehingga aktivitas belajarnya rendah. Balap Egrang merupakan salah satu permaianan berbasis budaya dan memanfaatkan lingkungan yang dapat dimanfaatkan guru untuk pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan pendampingan terhadap guru untuk mendesain, membuat, dan menggunakan media permainan Balap Egrang. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan ini memakai pendekatan participant active learning, dimana peserta pendampingan berperan aktif selama pelaksanaan kegiatan. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini yaitu guru-guru di SD 4 Karangbener: (1) memperoleh pengetahuan tentang media permainan Balap Egrang; (2) dapat membuat media permainan Balap Egrang; (3) menggunakan media permainan Balap Egrang; dan (4) terampil dalam mengimplementasikan pembelajaran yang memanfaatkan media permainan Balap Egrang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKAM

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Karya Abdi Masyarakat (JKAM) adalah jurnal yang diterbikan oleh LPPM Universitas Jambi untuk mempublikasikan dan meyebarluaskan tulisan dan artikel pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi ...