TAKSONOMI
Vol. 2 No. 2 (2022): Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Sumiaty, Sumiaty (Unknown)
Kamasiah, Kamasiah (Unknown)
Karim, Karim (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Pendidikan karakter dapat dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan motivasi siswa. Pembelajar mandiri menjadi orang yang lebih kuat yang dapat mengatasi hambatan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pendidikan karakter di SD Satap VII Mengkendek Tana Toraja. Analisis ex-post facto adalah teknik penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun penelitian ini bertempat di SD Satap VII Mengkendek Tana Toraja. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa. Analisis regresi digunakan untuk menguji temuan setelah statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan belajar siswa memiliki dampak parsial terhadap pendidikan karakter; 2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara parsial terhadap pendidikan karakter; dan 3) pengaruh gabungan lingkungan belajar siswa dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap pendidikan karakter. Dengan menyelenggarakan kegiatan yang mendukung lingkungan belajar dan motivasi siswa, serta meningkatkan pengawasan dan pemantauan, konsep-konsep ini diyakini dapat meningkatkan pendidikan karakter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

taksonomi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Taksonomi: Penelitian Pendidikan Dasar terbit dua kali dalam setahun yakni Bulan Mei dan September, yang bertujuan untuk menerbitkan artikel hasil penelitian mata pelajaran wajib sekolah dasar dan hasil penelitian yang menfokuskan pada rana pendidikan siswa sekolah dasar serta hasil ...