TAKSONOMI
Vol. 2 No. 2 (2022): Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nurmin, Nurmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Proses pembelajaran IPS dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran sebagai pedoman. Rendahnya hasil belajar IPS yang rendah yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungi sebanyak 42 siswa. Sebuah studi eksperimental menggunakan desain kelompok kontrol acak saja dilakukan. Kuesioner hasil belajar siswa digunakan untuk mengumpulkan data dari ujian partisipasi. Penelitian ini terdapat 42 responden yang dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing 21 siswa yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian dibuat dua kelompok partisipan penelitian dari populasi tertentu. Penugasan secara acak dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memasukkan pengembangan model pembelajaran bermain peran terhadap pembelajaran IPS mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar IPS, siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungi mengembangkan model pembelajaran bermain peran yang sangat berhasil dilakukan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

taksonomi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Taksonomi: Penelitian Pendidikan Dasar terbit dua kali dalam setahun yakni Bulan Mei dan September, yang bertujuan untuk menerbitkan artikel hasil penelitian mata pelajaran wajib sekolah dasar dan hasil penelitian yang menfokuskan pada rana pendidikan siswa sekolah dasar serta hasil ...