INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
Vol 2, No 2 (2022): INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat

PKM Pelatihan Integrasi Kompetensi Religius Kepada Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Majene

Muhammad Saleh (Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar)
Sulastriningsih Djumingin (Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar)
Mayong Mayong (Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru Bahasa Indonesia MGMP Dinas Pendidikan Kabupaten Majene. Masalah yang dihadapi mitra adalah: (1) rendahnya kemampuan guru menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) mengintegrasikan kompetensi religious dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) rendahnya kemampuan guru dalam mengimplementasikan Rencana Pembelejaran (RPP) mengintegrasikan kompetensi religious dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (3) seberapa jauh kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan model integrasi kompetensi religius. Metode yang digunakan adalah presentasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah (1) Mitra mampu menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) dengan mengintegrasikan kompetensi religious dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) mitra mampu mengimplementasikan Rencana Pembelejaran (RPP) dengan mengintegrasikan kompetensi religius dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (3) Mitra mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan model integrasi kompetensi religius. Kata kunci: integrasi, kompetensi, religius, guru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inovasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...