INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
Vol 2, No 1 (2022): INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Komunikasi Efektif dan Kerja Tim Melalui Outbound Training

Resekiani Mas Bakar (Universitas Negeri Makassar)
Bobby Poerwanto (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Fudhail Madjid (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Abstrak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun komunikasi efektif dan kerja tim melalui kegiatan outbound training pada karyawan PT. Garuda Indonesia kantor cabang Makassar. Outbound training adalah aktivitas bersifat experiental learning yang dilakukan dengan cara mengalami permainan yang mencerminkan simulasi dari pola maupun budaya kerja perusahaan. Para peserta diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas dalam bentuk games, lalu kemudian dihubungkan dengan dunia kerja dan dunia persaingan dalam bidang penerbangan. Games yang diberikan juga menjadi sarana dalam memfasilitasi bagi peserta dalam mengenali potensi yang dimiliki oleh pribadi maupun kelompok, agar hambatan yang selama ini dirasakan mampu diminimalisir. Peserta menyatakan senang dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian karena dapat memberikan penyegaran dan menambah keterampilan bagi mitra. Keterampilan yang diberikan, tidak hanya bagaimana mengembangkan strategi komunikasi yang efektif tetapi juga mendapatkan infomasi tambahan tentang kelebihan serta kelemahan masing-masing peserta dalam mengevaluasi kinerja pribadi agar lebih produktif di masa mendatang. Kata Kunci: Outbound training, komunikasi efektif, kerja tim

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inovasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...