Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Vol 10, No 3 (2022): SEPTEMBER 2022

Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Klurahan Magetan

Bambang Haryono (Unknown)
Noortje Anita Kumaat (Universitas Negeri Surabaya)
Advendi Kristiandaru (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) relevansi materi pembelajaran dengan Kurikulum 2013; (2) kualifikasi latar belakang guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesesuaian sarana dan prasarana (3) proses pelaksanann pembelajaran PJOK, dan (4) prestasi belajar peserta didik dilihat dari hasil nilai harian mata pelajaran penjas di SDN Klurahan Magetan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) untuk mengetahui program pembelajaran PJOK di SDN Klurahan Magetan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PJOK, dan seluruh siswa di SDN Klurahan Magetan.. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks, materi pembelajaran PJOK telah relevan dengan K13, akan tetapi tidak semua materi tersampaikan; (2) hasil evaluasi input menunjukkan latar belakang pendidikan guru pengampu sesuai dengan kualifikasi guru penjas (3) hasil proses pelaksanaan pembelajaran PJOK. menunjukan angka 69% yang berkategori baik. (4) hasil evaluasi produk menunjukkan pembelajaran PJOK yang telah dilaksanakan termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu bahwa secara umum program pembelajaran PJOK di SDN Klurahan sudah berpedoman pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), namui belum sepenuhnya sesuai dengan standar nasional pendidikan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

penjas

Publisher

Subject

Other

Description

Bravos is a national scientific journal published by the Physical Education Department of STKIP PGRI Jombang that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. This journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows physical ...