Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) relevansi materi pembelajaran dengan Kurikulum 2013; (2) kualifikasi latar belakang guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesesuaian sarana dan prasarana (3) proses pelaksanann pembelajaran PJOK, dan (4) prestasi belajar peserta didik dilihat dari hasil nilai harian mata pelajaran penjas di SDN Klurahan Magetan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) untuk mengetahui program pembelajaran PJOK di SDN Klurahan Magetan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PJOK, dan seluruh siswa di SDN Klurahan Magetan.. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks, materi pembelajaran PJOK telah relevan dengan K13, akan tetapi tidak semua materi tersampaikan; (2) hasil evaluasi input menunjukkan latar belakang pendidikan guru pengampu sesuai dengan kualifikasi guru penjas (3) hasil proses pelaksanaan pembelajaran PJOK. menunjukan angka 69% yang berkategori baik. (4) hasil evaluasi produk menunjukkan pembelajaran PJOK yang telah dilaksanakan termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu bahwa secara umum program pembelajaran PJOK di SDN Klurahan sudah berpedoman pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), namui belum sepenuhnya sesuai dengan standar nasional pendidikan tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022