Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini dalah untuk mengetahui bagaimana guru BK dalam memberikan layanan bk dengan menggunakan metode discovery learning menurut teori Kogitivisme Bruner di SMA Santa Ursula, dan bagaimana layanan guru BK yang diberikan siswa di SMA Santa Ursula. Metode dalam penelitian ini metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Pemilihan subjek penelitian secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan teori Kogitivisme Bruner dengan Fase operasi kongkrit, di fase ini siswa di SMA Santa Ursula sudah mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapinya secara konkrit. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru BK. Sedangkan di Fase operasi formal yaitu pada tahap ini siswa sudah mampu memberikan ide-ide ataupun gagasan yang dimana ide dan gagasan ini diperoleh dari kemampuannya dalam berbahasa dan logika. Dalam memahami dunia sekitarnya siswa menggunakan banyak simbol yaitu dengan cara menggunakan media dalam mendukung keberhasilan kegiatan pembelajarannya. Layanan Guru BK yang sudah diterapkan dengan baik  terkait dengan teori kognitivisme Bruner yaitu partisipasi aktif siswa dalam mengenal perbedaan dengan Guru BK sebagai fasilitator, motivator dan evaluator, Penilaian hasil layanan hasil penilaian setelah dilaksanakannya layanan BK yaitu dengan memberikan evaluasi proses dan evaluasi hasil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022