PSIKOPEDIA : Jurnal Psikologi
Vol. 2 No. 1 (2021): Maret

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN NASABAH

Mariolis G. Tohama (Universitas Negeri Manado)
Tellma M. Tiwa (Universitas Negeri Manado)
Melkian Naharia (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah pada pt. Bank sulutgo cabang tomohon. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang otentik, maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kualitas pelayanan dan skala kepuasan nasabah. Analisis data menggunakan koefisien korelasi product moment dengan bantuan spss 23. Hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,748 (p : 0,000 < ɑ : 0.05). Sumbangan efektif kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 55,95%. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah. Semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan nasabah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psikopedia

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience

Description

Jurnal Psikopedia is an open-access journal, dedicated to the wide dissemination of novel and innovative empirical research in various aspects of psychology, with a particular interest – the development of psychology and behavioral sciences in the world. Jurnal Psikologi invites manuscripts in the ...