Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 12, No 1 (2022): Vol 12 Nomor 1 (2022)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI PANCA INDERA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) KELAS IV SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN 29 KOTO PANJANG, PESISIR SELATAN)

Riri Marfilinda (Universitas Adzkia, Padang)
Vebi Vebrianti (Unknown)
Alfroki Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran miskonsepsi pada konsep panca indera manusia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif dengan mengunakan metode certainty of response index (CRI). CRI merupakan ukuran tingkat keyakinan atau kepastian responden dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberika, subjek penelitian terdiri atas 11 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakn tes diagnostic dan wawancara, sehingga didapatkan data miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep panca indera penglihatan (mata) sebesar 74,5%, sedangkan persentase miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep pengertian pengertian panca indera manusia sebesar 37,83% . Penyebab dari miskonsepsi pada materi panca indera manusia adanya faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu yang berasal dari siswa yang meliputi prakonsepsi yang tidak tepat, pemikiran asosiatif, pemikiran humanistic, reasoning yang tidak lengkap, intuisi yang salah, tahap perkembangan kognitif siswa dan kemampuan siswa, sedangkan faktor eksternalnya meliputi metode mengajar, buku dan konteks. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ditemukan adanya miskonsepsi tentang konsep panca indera manusia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...