Bandung Conference Series: Communication Management
Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management

Hubungan Antara Kampanye Program Desa Karyawangi Reduce, Reuse, Recycle dengan Sikap Masyarakat dalam Memilah Sampah

Dendha Ocha Permana (Ilmu Komunikasi - Ilmu Komunikasi)
Ike Junita Triwardhani (Ilmu Komunikasi - Ilmu Komunikasi)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Abstract. The high amount of waste in Indonesia causes serious impacts, ranging from the depletion ofthe ozone layer to global warming. Indonesia as a tourist destination must also continue to take care ofthe surrounding environment, not only from state officials but all starting at home. One way that can bedone to foster public attitudes in waste management is by conducting campaigns. Waste managementwith the principle of Reduce, Reuse, Recycle can be used as a reference for reducing the quantity ofwaste. The purpose of this research is to determine the relationship between; (1) message content, (2)message structure, (3) campaign actors, and (4) Reduce, Reuse, Recycle campaign channels with theattitude of the village community in sorting garbage. The method used in this research is thecorrelational method which is included in the type of quantitative research. With data collectiontechniques using questionnaires or questionnaires, observations, and interviews as supporting data, thedata are analyzed using Spearman Rank Correlation. The number of samples in this study were 97respondents, with the determination of sampling using probability sampling with simple randomsampling, from the total population of Desa Karyawangi’s as many as 3,395 people. The results of thisstudy indicate that there is a relationship between Desa Karyawangi’s program campaign Reduce,Reuse, Recycle, and the attitude of the village community in sorting waste. This relationship is said tobe strong when you see the community starting with increased knowledge about waste management,then awareness arises to sort waste and feels guilty if you don't do it, as well as attitudes that tend tocarry out persuasive messages in the #pilahsampahdarurumah campaign, namely sorting garbage fromhome and doing it regularly. Abstrak. Tingginya jumlah sampah di Indonesia menyebabkan timbulnya dampak serius, mulai darimenipisnya lapisan ozon hingga global warming. Indonesia sebagai destinasi wisata juga harus terusmenjaga lingkungan sekitar, tidak hanya dari para pengurus Negara namun semua dimulai dari rumah.Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap masyarakat dalam pengelolaan sampahyaitu dengan melakukan kampanye. Pengelolaan sampah dengan prinsip Reduce, Reuse, Recycle dapatdijadikan acuan untuk pengurangan kuantitas sampah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaituuntuk mengetahui hubungan antara; (1) isi pesan, (2) struktur pesan, (3) aktor kampanye, dan (4)saluran kampanye program Reduce, Reuse, Recycle dengan sikap masyarakat desa dalam memilahsampah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional yang termasukkedalam jenis penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atauangket, observasi, serta wawancara sebagai data pendukung, yang datanya dianalisis menggunakanKorelasi Rank Spearman. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden, denganpenentuan pengambilan sampel menggunakan Probability sampling dengan Simple random sampling,dari total penduduk Desa Karyawangi sebanyak 3.395 jiwa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaterdapat hubungan antara kampanye program Desa Karyawangi Reduce, Reuse, Recycle, dengan sikapmasyarakat desa dalam memilah sampah. Hubungan ini dikatakan kuat ketika melihat masyarakat yangdiawali dengan bertambahnya pengetahuan mengenai pengelolaan sampah, lalu timbul kesadaranuntuk memilah sampah dan merasa bersalah jika tidak melakukannya, serta sikap yang cenderungmelakukan pesan persuasi dalam kampanye #pilahsampahdarurumah yaitu memilah sampah darirumah dan melakukannya secara rutin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content ...