Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Meta-Analisis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Biologi di Jenjang SMA

Niken Ari Anggraeni (Unknown)
Nani Sunarmi (Program Studi Tadris Fisika- UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Model pembelajaran discovery learning telah banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Namun, belum diketahui bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis terkhususnya mata pelajaran Biologi di jenjang SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana meta-analisis model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis, terhadap materi pelajaran Biologi, dan berdasarkan wilayah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis yaitu dengan menganalisis kembali hasil penelitian terdahulu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis besaran pengaruh (effect size) dengan rumus Glass. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 hasil publikasi ilmiah berupa jurnal penelitian, skripsi, dan tesis. Berdasarkan hasil analisis rata-rata, hasil perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori yang besar. Perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap materi pelajaran Biologi yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori yang besar. Perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia untuk wilayah pulau Jawa sebesar 0,42 dan termasuk kedalam kategori besar, sedangkan untuk wilayah pulau Sumatera sebesar 0,61 dan termasuk kedalam kategori besar, untuk wilayah pulau Sulawesi nilai effect size sebesar 0,68 dan termasuk kedalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning sangat efektif apabila diterapkan pada pembelajaran Biologi di jenjang SMA karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spizaetus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah ...