Komunikasi dalam pendidikan merupakan unsur yang sangat penting kedudukannya, bahkan sangat besar perannya dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Pembelajaran yang berhasil dan menarik membutuhkan suatu model berkomunikasi yang baik dan sesuai. Komunikasi yang baik sebaiknya mesti didukung oleh media komunikasi pendidikan. Media komunikasi memberikan nilai manfaat yang lebih sehingga pendidikan memiliki nilai guna yang positif bagi hidup dan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas podcast audio visual sebagai media komunikasi pendidikan ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-postest control group design dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dari kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Krian. Intrumen penelitian berupa soal kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil nilai pretest kelas kontrol sebesar 54,8 dan kelas eksperimen sebesar 62,8, sedangkan nilai hasil postest kelas kontrol sebesar 65,9 dan kelas eksperimen sebesar 67,2. Analisis data dilakukan dengan metode N-gain. Didapatkan skor nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 13% dan kelas eksperimen sebesar 20% sehingga rata-rata N-gain kedua kelas adalah 16%, yang dapat dikategorikan bahwa podcast audio visual tidak efektif terhadap hasil belajar siswa SMP.
Copyrights © 2022