ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia di UPT SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto . Data diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, dan analisis dokumentasi. Uji kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan kemudian diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di UPT SMP Negeri 1 Binamu Kanupaten Jeneponto sudah diimplementasikan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru bahasa Indonesia sudah mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran pada silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di UPT SMP Negeri 1 Binamu sudah cukup terlaksana melalui pembelajaran secara tatap muka di kelas. Penilaian pembelajaran bahasa Indonesia sudah meliputi penilaian efektif. Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022