Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CARD MATCH CIRCLE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yanto Badje (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Interaksi sosial siswa dengan mengembangkan media pembelajaran Card Match Circle (CMC) dengan cara memaksimalkan kemampuan siswa dalam pembelajaran, dan tentunya meningkatkan kesadaran siswa akan penggunaan media pembelajaran Card Match Circle (CMC). Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimental. Metode penelitian eksperimental diadopsi untuk sebuah percobaan kelas dengan melakukan tes kepada siswa. Penelitian ini difokuskan pada populasi kelas III SD Negeri 2 Nganganaumala. Adapun responden penelitian sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing 12 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji sampel berpasangan, yang mengungkapkan nilai signifikansi 0,000, atau kurang dari 0,05, mendukung hasil penelitian ini. Dengan kata lain, pengembangan media pembelajaran Card Match Circle (CMC) berdampak pada peningkatan interaksi sosial siswa kelas III SD Negeri 2 Nganganaumala jika ada perubahan substansial antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji N-Gain, tingkat efikasi tergolong sedang, dengan skor gain rata-rata 0,6. Pengembangan media pembelajaran Card Match Circle (CMC) berhasil meningkatkan Interaksi Sosial siswa.Kata Kunci: Media; Pembelajaran; CMC; Interaksi; Sosial

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...