Madaniya
Vol. 3 No. 4 (2022)

Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites

Afrianto Afrianto (Universitas Teknokrat Indonesia)
Parjito Parjito (Universitas Teknokrat Indonesia)
Elisabeth Ngestirosa Endang Woro Kasih (Universitas Teknokrat Indonesia)
Reksha Ramdanni Azahra (Universitas Teknokrat Indonesia)
Sahat P. Prantinus Kaban (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan dituntut untuk bisa mengelola pembelajaran yang efektif dan efisien dan tuntutan ini berlanjut ke arah pembelajaran dalam jaringan (daring) ketika masa pandemi melanda. Di lain pihak, tidak semua sekolah memiliki infrastruktur jaringan komputer dan internet yang memadai sehingga ini menjadi kendala untuk penyelenggaraan pembelajaran daring. Terkait dengan hal tersebut, tim dosen Universitas Teknokrat Indonesia berupaya memberikan solusi, yaitu dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pengelolaan dan pengaturan Google sites. Hal ini dikarenakan aplikasi Google sites bersifat fleksible dan dapat digunakan dengan mudah serta tidak membutuhkan infrastruktur jaringan komputer dan internet yang mahal. Adapun pelaksanaan pelatihan ini menyasar pada guru SMAN 1 Kotagajah. Penentuan ini didasarkan pada need analysis survey. Kemudian pelaksanaan pelatihan terdiri dari tiga tahap, yaitu pengenalan, demonstrasi, dan praktik. Ketiga tahap tersebut berjalan dengan lancar dan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengelolaan dan pengaturan kegiatan belajar mengajar daring melalui aplikasi Google sites meningkat dan mampu memadukannya dengan aplikasi Google yang lain. Kepala sekolah dan guru merespon positif kegiatan pelatihan ini dan diharapkan dapat berlanjut pada kegiatan-kegiatan teaching refreshment lain. Lebih jauh, pengaplikasian teknologi pada pembelajaran sangat membantu apalagi jika pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...