Sekolah Alkitab Cianjur merupakan salah satu tempat pendidikan non formal untuk agama Kristen. Peserta didik di sekolah ini terdiri dari siswa dan siswi yang sudah melalui pendidikan formal setara dengan pendidikan menengah atas. Sekolah Alkitab ini memiliki murid yang berasal dari berbagai pulau di Indonesia dan memiliki usia yang beragam dari 18 tahun sampai 65 tahun. Sebagian besar siswa berasal dari daerah luar Jawa dan kesulitan berbahasa Indonesia. Mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa daerah masing-masing. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas kegiatan bernyanyi sebagai media dalam mengasah keterampilan bahasa Indonesia. Keterampilan bahasa Indonesia dalam pembelajaran meliputi diksi, intonasi, dan artikulasi siswa siswa di Sekolah Alkitab. Kemampuan bahasa sangat penting bagi para siswa untuk membekali mereka ketika menyampaikan Firman Tuhan. Penelitian ini diadakan di Sekolah Alkitab Cianjur, jalan Pasir Gede Raya No. 17, Cianjur, Jawa Barat. Penelitian dilakukan terhadap Siswa-siswi kelas 1 Sekolah Alkitab Cianjur angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bernyanyi terbukti efektif untuk mengasah keterampilan bahasa dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa indonesia. Selain itu, bernyanyi dapat melatih intonasi, artikulasi, pernafasan, dan frasering yang berguna untuk meningkatkan keterampilan berbahasa para siswa.
Copyrights © 2022