Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
Vol. 13 No. 2 (2022): September

Model Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Persepektif Teori Belajar Humanistik

Mazroatul Hidayah (Universitas Negeri Surabaya)
Moch Nurcholis Majid (IAI Uluwiyah Mojokerto)
Evy Dwi Andriani (UNWAHA Jombang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Sistem pendidikan memiliki berbagai model dalam menciptkan lulusan yang handal di era revolusi industri 4.0 saat ini. seperti halnya dengan mengembangkan model kemandirian belajar dengan tujuan dapat meningkatkan potensi-potensi dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan secara mandiri dan memiliki sikap tangungjawab atas tugas yang diberikan. Hal ini dapat diterapkan dengan sering menjalankan kegiatan belajar kelompok sehingga ada saling interaksi antara siswa lain dan kebebasan mencari pengetahuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan di dalam kelompok tersebut. Serta posisi guru sebagai pendamping dalam proses proses belajar kelompok tersebut bukan sebagai penceramah atau menyelesaikan problem dalam setiap kelompok. Sehingga peran guru sebagai fasilitor dalam proses pembelajaran sesui dengan konsep merdeka belajar. Hal ini sejalan dengan toeri belajar humanistik yang menjadikan peserta didik sebagai subjek dan guru sebagai fasilitator atau pendamping dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan demikian proses pembelajaran dengan model kemandirian belajar siswa dapat tercipta dengan baik. dengan hal itu untuk menetukan keberhasilan dalam kemandirian belajar para siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attanwir

Publisher

Subject

Religion

Description

Fokus 
Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang kajian keislaman dan pendidikan , baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. 
Ruang Lingkup 
Berisi kajian-kajian keislaman dan ilmu ...