Jurnal Penelitian Psikologi
Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Penelitian Psikologi

Academic Adjustment Mahasiswa Baru Ditinjau dari Self Esteem, Self Efficacy, dan Self Concept

Rosyana Amelia Sabela (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Rizma Fithri (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Endang Wahyuni (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Academic adjustment yaitu kemampuan individu untuk menghadapi tuntutan dan syarat akademik agar terpenuhi dengan baik. Tujuan penelitian ini ingin melihat hubungan serta perbedaan academic adjustment yang ditinjau dari self esteem, self efficacy, dan self concept pada mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan tahun 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 364 mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan tahun 2020 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala self esteem milik Rosenberg, skala self-efficacy milik Matthias Jerusalem dan Ralf Schwarzer, skala self concept milik Eider Goñi, dan skala academic adjustment milik Joel R. Anderson, Yao Guan, dan Yasin Koc. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear berganda dan uji friedman. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan serta perbedaan academic adjustment yang ditinjau dari self esteem, self-efficacy, dan self concept pada mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan tahun 2020.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Psikologi (JPP), memuat artikel hasil penelitian tugas akhir studi dan hasil penelitian empiris lainnya terkait dengan bidang psikologi, antara lain: bidang psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi perkembangan, ...