Jurnal Ilmiah Satyagraha
Vol 5, No 2 (2022)

UPAYA PENCITRAAN APOTEK DAN KERAGAMAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN

Mukti Kemarauwana (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Rafadi Khan Khayru (Universitas Airlangga Surabaya)
Fayola Issalillah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Persaingan bisnis retail saat ini semakin ketat. Hal ini disebabkan bisnis retail merupakan gambaran mengenai perkembangan ekonomi. Untuk menghadapi persaingan tersebut manajemen pemasaran perlu mengetahui bagaimana konsumen melakukan keputusan pembelian. Manajemen pemasaran perlu mengetahui cara yang tepat agar konsumen memutuskan pembelian pada toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari citra apotek dan keragaman produk untuk meningkatkan keputusan pembelian. Populasi dari penelitian kuantitatif ini adalah konsumen dari apotek Kimia Farma yang ada di kota Surabaya di Jawa Timur. Jumlah populasi tidak dapat ditentukan, oleh karena itu peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan citra apotek memberikan pengaruh signifikan pada keputusan penelitian. Selanjutnya dibuktikan bahwa keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi keberagaman produk yang disediakan. Secara bersama-sama citra apotek dan keragaman produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

satyagraha

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Satyagraha specializes in Economics and is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. Specifically, the journal will deal with topics, including but not limited to: ...