JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting
Vol 5, No 2 (2022): September 2022

Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Makassar Barat

Al Kausar (Institut Bisnis & Keuangan Nitro Makassar)
Sujatmiko Sujatmiko (Unknown)
Murdin Muchsidin (Unknown)
Ceskakusumadewi Baharuddin (Unknown)
Ibrahim Bazergan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi selama masa pandemi covid-19 di KPP Pratama Makassar Barat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berlandaskan sifat positivisme. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Barat. Penelitian dilakukan kepada 77 responden wajib pajak menggunakan kuesioner dan wawancara tertulis serta Google Form. Teknik analisis data berupa analisis regresi berganda dengan metode Ordinary Least Square dengan menggunakan bantuan SPSS Ver.21. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepatuhan wajib pajak.Kesadaran wajib pajak berpengaruh secara parsial dengan arah positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dengan arah positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sanksi pajak berpengaruh secara parsial dengan arah positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemma

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan serta dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. ...