JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 7, No 3 (2022): JPGI

Pengembangan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa

Nuari, Iqbal (Unknown)
Mudjiran, Mudjiran (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswayang praktis digunakan dan (3) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas isi produk dalam penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dalam bidang BK dan 3 orang ahli dalam bidang desain. Kemudian 4 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dilihat dari isi dan tampilan modul yang dikembangkan berada pada kategori Sangat Layak, (2) tingkat praktikalitas modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang dikembangkan berada pada kategori sangat tinggi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor dan siswa, (3) modul karakter cerdas efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Dengan demikian, modul karakter cerdas yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...