JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 7, No 4 (2022): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Efektivitas model pembelajaran accelerated learning dalam meningkatkan sikap ilmiah mahamahamahamahasiswa pada pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di IAIN Kerinci

Darsi, Darsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Penelitian yang akan dilaksanakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif untuk mengetahui gambaran efektivitas model pembelajaran Accelerted Learning dalam meningkatkan sikap ilmiah mahamahamahamahasiswa pada pembelajaran PAI di IAIN Kerinci. Subjek penelitian ini adalah mahamahamahamahasiswa semester IV Semester A Program Studi PAI, dengan jumlah mahamahamahamahasiswa 32 orang. Waktu pelaksanaan semester genap tahun ajaran2021/2022. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan efektifnya model pembelajaran accelerated learning dalam meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran PAI mahamahamahamahasiswa pada tiap pertemuan. Peningkatan sikap ilmiah mahamahamahasiswa terlihat dari rata-rata persentase sikap ilmiah mahamahamahasiswa pada tiap pertemuannyaa, di pertemuan ke-I rata-rata persentase sikap ilmiah mahamahamahasiswa sebesar 62,2%, di pertemuan ke-II meningkat menjadi 71,8%, di pertemuan ke-III mencapai 81,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahawa model accelerated learning dapat meningkatkan sikap ilmiah PAI mahamahamahamahasiswa di Program Studi PAI pada semester IV Semester A IAIN Kerinci.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...