Maker: Jurnal Manajemen
Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022

MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sudung Simatupang ([Sinta ID: 6683575] Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Efendi Efendi (STIE Sultan Agung)
Marisi Butarbutar (STIE Sultan Agung)
Erbin Chandra (STIE Sultan Agung)
Marto Silalahi (STIE Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Kehadiran media sosial YouTube dewasa ini diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan pembelian dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian. Hasil dari google form terhadap responden yang domisili Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun diperoleh jumlah responden sebanyak 132 responden. Untuk butir instrument kuisioner diperoleh hasil analisa bahwa hasilnya memiliki kriteria valid dan reliabel, serta memiliki distribusi normal karena seluruh variabel penelitian memiliki nilai asymp. sig. (2-tailed) > probabilitas 0,05 dan koefisien determinasi dari media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian nilainya 38% dengan nilai koefisien korelasi 61% yang artinya memiliki hubungan yang kuat. Selanjutnya untuk pesamaan regresi sederhana bahwa media sosial YouTube memiliki koefisien arah yang positif hal tersebut dapat dilihat pada persamaan Y = 8,044 + 0,524 X dan untuk hasil uji hipotesa parsial (uji t) bahwa media sosial YouTube memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maker

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan ...