Jurnal Sastra Indonesia
Vol 11 No 2 (2022): July

Persuasive Techniques Used in the 2020 North Central Timor District Head Election Campaign Posters

Arvianto, Faizal (Unknown)
Lein, Adeline Lelo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang teknik-teknik persuasif yang digunakan dalam poster kampanye pemilihan kepala daerah Kabupaten Timor Tengah Utara tahun 2020. Poster dipilih karena hampir semua partai atau pasangan calon bupati dan calon wakil bupati menggunakan poster sebagai alat untuk berkampanye. Terdapat tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang berkompetisi dalam pemilihan umum tahun 2020. Teknik persuasif yang dapat digunakan dalam bahasa poster adalah rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, dan penggantian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bertumpu pada metode deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan penggunaan teknik persuasif dalam poster kampanye pemilihan kepala daerah kabupaten Timor Tengah Utara. Subjek penelitian ini adalah kalimat yang terdapat dalam poster kampanye pemilihan kepala daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara tahun 2020. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, teknik persuasif yang digunakan dalam poster ketiga pasangan calon sangat bervariasi. Masing-masing pasangan calon menggunakan teknik persuasif yang berbeda-beda. Pada poster paslon 01 ditemukan penggunaan teknik persuasif bertipe sugesti paling dominan digunakan dengan perolehan persentase 75%. Pada paslon 02 ditemukan penggunaan teknik persuasif bertipe rasionalisasi paling dominan dengan perolehan persentase 75%. Selanjutnya pada paslon 03 penggunaan teknik persuasif bertipe identifikasi paling dominan dengan perolehan persentase 50%. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan dari keseluruhan data penggunaan teknik persuasif pada poster kampanye ketiga pasangan calon disimpulkan bahwa penggunaan teknik rasionalisasi dan teknik sugesti paling dominan digunakan, yaitu dengan perolehan persentase sebanyak 33%, diikuti teknik identifikasi dengan perolehan persentase 25% dan teknik kompensasi dengan perolehan persentase sebanyak 8%. Sedangkan penggunaan teknik persuasif bertipe konformitas, teknik substitusi dan teknik proyeksi hampir tidak pernah digunakan pada poster kampanye masing-masing paslon.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sastra Indonesia menerbitkan artikel penelitian atau artikel konseptual mengenai bahasa dan sastra Indonesia. Diterbikan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang dan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta ...