Journal of Business and Applied Management
Vol 15, No 2 (2022): Journal of Business & Applied Management

Terpaan Iklan dan Kredibilitas Komunikator Tretan Muslim terhadap Keputusan Pembelian Item Game Free Fire

Febrio Immanuel Wong (Universitas Bunda Mulia)
Lasmery Rosentauly Meissalinya Girsang (Universitas Bunda Mulia)
Ni Putu Limarandani (Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Free Fire (FF) yang merupakan game simulator menembak menjadi salah satu game yang mensukseskan E-Sport di Indonesia pada 2021, selain terkenal di di Asia serta Amerika Latin selama dua tahun terakhir. Selain iklan, kesuksesan game juga ditandai dengan kehadiran Tretan Muslim (seorang komika/content creator) selaku brand ambassador. Dengan menggunakan Teori Elaboration Likelihood Model (ELM), diasumsikan perbuatan dapat dibentuk atau diubah dengan dipengaruhi dengan kemampuan mempengaruhi seorang komunikator dan adanya pesan persuasi. Termasuk, mempengaruhi keputusan pembelian item game Free Fire di Line Openchat Gamers Indonesia. Survei terhadap 100 responden menjawab hipotesis: Variabel Terpaan Iklan Free Fire memiliki pengaruh positif sebesar 0,261; Variabel Kredibilitas Komunikator terhadap Keputusan Pembelian Item Game memiliki pengaruh besar 0,641; dan secara simultan, pengaruh keseluruhan variabel juga positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

business-applied-management

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business and Applied Management is an academic journal published twice annually (March-September) by Department of Management in Master Degree of Universitas Bunda Mulia. ...