Kualitas pembelajaran dan gaya mengajar guru di sekolah berperan penting dalam keberlangsungan suatu pembelajaran. Gaya mengajar guru yang cenderung monoton memiliki dampak yang tidak baik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memaparkan kajian isi jurnal publikasi dari beberapa hasil penelitian yang difokuskan pada gaya mengajar self-check dalam peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan menggunakan database google scholar. Dengan kata kunci penerapan gaya mengajar self-check dalam peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani. Artikel yang dianalisis terbit sejak tahun 2013 sampai dengan 2022, menggunakan kriteria inklusi sebagai berikut: jurnal nasional maupun internasional, artikel minimal 10 tahun terakhir, populasi/sampel/subjek penelitian adalah siswa disekolah. Artikel yang dikaji berjumlah 13 artikel dari jurnal internasional dan nasional. Hasil dari 13 artikel yang di review menunjukkan bahwa gaya mengajar self-check berpengaruh positif terhadap perubahan motivasi intrinsik, kepuasan pribadi, dan kebutuhan diri serta peningkatan orientasi penguasaan, tujuan, proses metakognitif, minat, kepercayaan diri, dan semangat belajar pendidikan jasmani. Kesimpulan dari 13 artikel yang dirivew menunjukkan bahwa gaya mengajar self-check dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pendidikan jasmani.
Copyrights © 2022