Krisis yang diakibatkan oleh Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan usaha para pelaku UMKM dan UKM. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menyusun Business Continuity Plan (BCP) Ketahanan UMKM dan UKM di masa krisis maupun bila terjadi krisis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian didapat dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada para pelaku UMKM dan UKM Kota Bandung. Data yang didapat dianalisa dengan metode OODA Loop dikumpulkan dengan wawancara dan kuesioner kepada para pelaku UMKM dan UKM. Dari hasil analisa data didapat cara supaya UMKM dan UKM dapat bertahan dengan cara Para pelaku usaha UMKM di Kota Bandung supaya dapat bertahan dalam kondisi krisis melakukan langkah, seperti: Menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar (memodifikasi atau mengembangkan produk atau menghasilkan produk baru). Mengikuti pelatihan-pelatihan baik untuk pengembangan produk, memproduksi produk, maupun meningkatkan dan mengembangan kemampuan dalam menjual barang/jasa secara online, bergabung dengan group. Mengikuti kegiatan-kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah, memasarkan produk dengan memanfaatkan digital marketing serta kolaborasi. Dan terus menerapkam metode OODA Loop. Hasil penelitian ini akan sangat berguna untuk para UMKM dan UKM mempersiapkan diri untuk menghadapi, menjalani dan melalui masa krisis.
Copyrights © 2022