Pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan potensi yang dimiliki agar dapat menghadapi masalah dimasa depan. Oleh karena itu, diperlukannya pengembangan bahan ajar yang dapat melatih keterampilan proses sains seperti LKPD berbasis contextual teaching learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD tema tuas pada gerak makhluk hidup berbasis contextual teaching learning dalam melatih keterampilan proses sains. Metode yang digunakan yaitu 3D menurut Thiagarajan yang dimodifikasi terdiri atas yaitu define, design, dan development. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi yang diisi oleh dosen ahli dan guru IPA SMP. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan LKPD tema tuas pada gerak makhluk hidup berbasis contextual teaching learning dalam melatih keterampilan proses sains memperoleh persentase ahli materi 87,61% dengan kriteria sangat valid, ahli media 91,94% dengan kriteria sangat valid, dan guru IPA SMP 93,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil rekapitulasi hasil validasi yang telah dilakukan oleh seluruh validator dapat memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 90,96% dengan kriteria sangat valid. Maka LKPD tema tuas pada gerak makhluk hidup berbasis contextual teaching learning dapat diuji cobakan dalam pembelajaran IPA dalam melatih keterampilan proses sains.
Copyrights © 2022