Penelitian dengan pendekatan meta analisis ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan berkategori penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data sampel penelitian ini sebanyak 13 artikel yang diperoleh dari jurnal nasional dan internasional yang terakreditasi. Pengolahan data penelitian digunakan uji statistic berupa uji normalitas dan uji sampel t berpasangan melalui aplikasi SPSS 26, selanjutnya setiap data dihitung nilai Effect Size-nya. Berdasarkan hasil pengilahan data disimpulkan bahwa model pembelajaran inovatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA/SMK. Model pembelajaran PBL memiliki pengaruh paling besar diantara model pembelajaran yang lain, diikuti oleh model pembelajaran CTL dengan nilai Effect Size yang hampir sama. Model pembelajaran PBL dan CTL ini terbukti paling efektif dibandingkan model pembelajaran inovatif lainnya. Temuan lainnya bahwa model pembelajaran inovatif juga berpengaruh tinggi terhadap motivasi belajar, berpikir kritis, keterampilan berbicara dan keterampilan analisis
Copyrights © 2021