Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 1 No 1 (2021)

MOTIVASI KAUM MILENIAL ALUMNI MAN 1 NGANJUK MEMULAI TREND BISNIS E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19

Amin Kusyati Amin (Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis motivasi kaum milenial alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Nganjuk dalam memulai bisnis e-commerce pada masa Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia dan memberikan dampak bagi seluruh aspek terutama aspek ekonomi dan bisnis. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang dari tahun ketahun semakin canggih, menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Masyarakat Indonesia terutama kaum milenial mulai berbisnis secara online menggunakan e-commerce. Tulisan ini menyajikan informasi mengenai motivasi kaum milenial alumni MAN 1 Nganjuk memulai trend bisnis e-commerce di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pusposive sampling. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 siswa alumni MAN 1 Nganjuk, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal yaitu untuk mengisi waktu luang dan keinginan untuk menghasilkan uang. Sedangkan motivasi eksternal yaitu adanya peluang yang besar untuk berbisnis di masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...