Instructional Development Journal
Vol 4, No 3 (2021): IDJ

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Sabri Sabri (SMP N 3 Tambang, Kampar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa melalui model pembelajaran explicit intruction di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Explicit Instruction. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) aktivitas guru dalam penerapan model ini pada siklus 1 adalah 84.50 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 90.50. 2) aktivitas siswa dalam penerapan model ini pada siklus 1 adalah 82.00 dan pada siklus 2 adalah 89.50. 3) keterampilan menulis siswa pada siklus 1 adalah 75.80 sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 88.70. Penelitian ini membuktikan bahwa Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...