Instructional Development Journal
Vol 5, No 2 (2022): IDJ

Penerapan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 009 Tanjungpinang Timur

Zaimah Zaimah (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang)
Suhardiman Suhardiman (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang)
Nursita Husaini (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang)
Ahmad Fadhil Rizki (Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada pelaksanaan pendidikan dimana sekolah-sekolah banyak melaksanakan pendidikan jarak jauh, salah satunya dengan sistem daring. Hal ini menyebabkan tidak adanya tatap muka secara langsung antara guru dan siswa yang menyebabkan pendidikan karakter tidak terlaksana dengan baik, karena guru tidak bisa mengontrol karakter peserta didik secara langsung. Hampir semua guru di sekolah mengalami permasalahan yang sama, yaitu kesulitan dalam menyampaikan nilai-nilai karakter dan mendidik karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di di SDN 009 Tanjungpinang Timur karena Sekolah Dasar dianggap sebagai dasar pembentukan karakter anak didik sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah seluruh guru yang berjumlah 17 orang dan siswa berjumlah 110 orang dari kelas 2 sampai kelas 6. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang dibagikan, hasil pengamatan, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 01 Desember 2020 sampai dengan 15 Januari 2021. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di SDN 009 Tanjungpinang Timur terintregasi dalam materi pembelajaran dan proses pembelajaran. Sedangkan, nilai-nilai karakter tidak sepenuhnya dapat diterapkan, diantara nilai-nilai karakter yang berhasil diterapkan antara guru dan siswa adalah religius, disiplin, mandiri, kerja keras, tanggungjawab, demokratis, toleransi, bersahabat, dan kebangsaan.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...