Instructional Development Journal
Vol 4, No 3 (2021): IDJ

Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning melalui Supervisi Klinis Teknik Sharing Of Experience di Sekolah Dasar Negeri 001 Sekijang

Walyati Walyati (SDN 011 Sekijang, Kampar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran saintifik di SD NegeriĀ  001 Sekijang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru kelas atas SD Negeri 001 Sekijang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan supervisi klinis teknik sharing of experience yang dilakukan kepala sekolah berhasil meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 001 Sekijang dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning sebelum dan sesudah tindakan mengalami peningkatan baik pada aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran model problem based learning. Pada aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 65.85 menjadi 85.57, dari kategori cukup menjadi kategori baik. Sedangkan pada aspek pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 68.57 menjadi 90.42, dari kategori cukup menjadi kategori sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...