Obesitas pada anak usia sekolah terus mengalami peningkatan. Sekolah memiliki peran yang besar dalam pencegahan terjadinya peningkatan berat badan anak, salah satunya dengan melakukan deteksi dini obesitas melalui pengukuran status gizi siswa. Akan tetapi rendahnya pengetahuan guru tentang cara mengukur status gizi siswa menjadi kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan guru tentang cara menilai status gizi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah guru sekolah dasar, responden pada penelitian ini berjumlah 20 guru. Pendidikan kesehatan berupa diskusi kelompok kecil dengan bantuan panduan penilaian status gizi siswa yang telah dikembangkan oleh peneliti. Pemilihan sample dengan menggunakan purposive sampling. Hasil uji menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan guru setelah dilakukan intervensi dari 6.2 menjadi 8.9. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value 0.002. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap nilai pengetahuan guru tentang penilaian status gizi siswa. Peningkatan pengetahuan guru melalui pendidikan kesehatan tentang cara penilaian status gizi siswa sangat diperlukan sebagai langkah awal deteksi dini anak mengalami ketidaknormalan status gizi.
Copyrights © 2022