Indonesian Journal of Hospital Administration
Vol 5, No 1 (2022)

Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Pratama

Ulhaq, Muhammad Zia (Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Yogyakarta, Indonesia)
Ningtiyas, Fitria Ariya (Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Dewasa ini masalah Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, Pembangunan Kesehatan dilaksanakan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan melibatkan peran aktif masyarakat dalam memilih pelayanan Kesehatan yang bermutu. Suatu pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di klinik pratama kauman salaman. Metode penelitian ini analisis kuantitatif, dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berobat ke klinik pratama kauman. Sampel yang digunakan sebanyak 106 responden. Analisa data ini menggunakan pearson correlation. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh data terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Pratam kauman dengan nilai siginfikansi 2 arah 0.00 dan P value sebesar 0.507. kesimpulannya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasienKata Kunci: Kualitas Pelayanan; kepuasan pasien; Klinik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJHAA

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal of Hospital Administration (IJHAA) is the journal which will publish scientific article about research in health and hospital management. The focus of this journal is in Occupational Health and safety, Financial Management, Health Regulation and Policy, Human Resources Management, ...