Dewasa ini masalah Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, Pembangunan Kesehatan dilaksanakan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan melibatkan peran aktif masyarakat dalam memilih pelayanan Kesehatan yang bermutu. Suatu pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di klinik pratama kauman salaman. Metode penelitian ini analisis kuantitatif, dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berobat ke klinik pratama kauman. Sampel yang digunakan sebanyak 106 responden. Analisa data ini menggunakan pearson correlation. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh data terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Pratam kauman dengan nilai siginfikansi 2 arah 0.00 dan P value sebesar 0.507. kesimpulannya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasienKata Kunci: Kualitas Pelayanan; kepuasan pasien; Klinik
Copyrights © 2022