Pada pembelajaran matematika, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang mengakibatkan siswa melakukan kesalahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis kesalahan apa dan faktor-faktor penyebab yang dilakukan oleh siswa kelas VIII dalam menyelesaikan berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VIII C dengan 2 siswa yang berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang dan 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu ter tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan cara memeriksa data melalui beberapa sumber. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa yang berkemampuan matematika tinggi adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). Kesalahan yang dilakukan siswa yang berkemampuan sedang adalah kesalahan ketrampilan proses (proses skill) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). Siswa yang berkemampuan matematika rendah adalah kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (proses skill) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error).
Copyrights © 2022