Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 6 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Qauliyah, Dewi Sesanti (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Shodiqin, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan efektifitas model problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mranggen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuntitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan Model problem based learning berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik hal tersebut ditunjukkan dengan; (1) nilai rata-rata peserta didik yang mendapatkan perlakuan model problem based learning berbasis etnomatematika mencapai kriteria ketuntasan minimal secara individu dan klasikal (2) kemampuan litrasi matematika setelah peserta didik mendapatkan perlakuan model problem based learning berbasis etnomatematika sebagian besar mengalami kenaikan dengan kriteria sedang dan tinggi  berdasarkan N-gain (3) ditunjukkan bahwa N-gain kemampuan litrasi matematika pada kelas yang mendapatkan perlakuan problem based learning berbasis etnomatematika lebih baik dari kelas yang mendapatkan perlakuan problem based learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...