Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 2 No 2 (2018): Agustus

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS VII MTs NEGERI 2 BENGKULU TENGAH

Putri, Riski Jesi (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Yensy. B., Nurul Astuty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 16 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual dan VII C sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 15 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran ekspositori.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai  yaitu 2,53 dengan taraf nyata (?) = 5% dan  dk = 29 menghasilkan  yaitu 1,699, jadi , maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik berbantuan media audio-visual lebih dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran ekspositori di kelas VII MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah.Kata Kunci :  Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Media Audio-Visual, Pembelajaran Ekspositori

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...