Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 3 (2021): Desember

Perbandingan Hasil BelajarMatematika antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pembelajaran Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu

Sari, Dhela Madhan (Unknown)
Hanifah, Hanifah (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Siagian, Teddy Alfra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik dari pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII A dan Kelas VIII B, dimana kelas  VIII A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji-t independen, pada uji-t independen untuk hasil belajar kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (? =  0,05) didapat nilai  maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik dari hasil belajar matematika pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...