Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal dan persentase soal yang terdapat dalam buku teks matematika Kelas VIII berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada buku teks matematika SMP/MTs Kelas VIII edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkatan proses kognitif pada taksonomi Bloom Revisi, soal latihan Matematika SMP kelas VIII semester 1 materi koordinat Kartesius pada soal esai menunjukkan tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 67,74% (21 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 19,35% (6 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 9,68 % (3 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 3,23 % (1 butir soal) dan pada level C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 butir soal). Dari 20 soal pilihan ganda diperoleh tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 100% (20 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 0% (0 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 0 % (0 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 0 % (0 butir soal) dan pada level C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 butir soal).Kata kunci : Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021