Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 1 (2022): April

ANALISIS SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI PENYAJIAN DATA TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Kurniawan, Teddy (Unknown)
Hanifah, Hanifah (Unknown)
Susanto, Edi (Unknown)
Utari, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal yang terdapat dalam buku teks matematika Kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal materi penyajian data pada buku teks matematika SMP/MTs Kelas VII edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif soal materi penyajian data adalah 28,07% tingkat C1 (mengingat), 52,63% tingkat C2 (memahami), 19,3% tingkat C3 (mengaplikasikan), 0% tingkat C4 (menganalisis), tingkat C5 (mengevaluasi) dan tingkat C6.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...