Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari 1 Pucuk dalam memecahkan masalah Barisan dan Deret Bilangan pada siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan secara daring menggunakan media sosial whatsapp. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan didukung tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah enam siswa yang terdiri dari dua siswa dengan kemampuan tinggi, dua siswa dengan kemampuan sedang dan dua siswa dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mempunyai pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional dengan baik. Siswa dengan kemampuan tinggi juga mampu menggunakan keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dan keterampilan evaluasi yang baik. siswa dengan kemampuan sedang mempunyai pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural yang baik dan pengetahuan kondisional yang cukup baik. Siswa dengan kemampuan sedang juga mampu menggunakan keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dengan baik dan tidak mempunya keterampilan evaluasi. Siswa dengan kemampuan rendah hanya mempunyai pengetahuan deklaratif. Siswa dengan kemampuan rendah juga hanya menggunakan keterampilan perencanaan.
Copyrights © 2022