Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 2 (2022): Agustus

ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU PENDAMPING MATEMATIKA MATERI SPLDV KELAS VIII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Inayah, Clara Fadhilah (Unknown)
Siagian, Teddy Alfra (Unknown)
Irsal, Nur Aliyyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada buku Pendamping Matematika SMP kelas VIII Terbitan Erlangga materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksnomi Bloom Revisi yang digunakan, yaitu dimensi proses kognitif yang meliputi: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatitf. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan soal esai materi SPLDV pada buku pendamping matematika kelas VIII. Soal-soal pilihan ganda dan esai yang dianalisis berjumlah 110 soal dengan tingkat kognitif mengenali (C1) sebanyak 2 soal (1,81%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 99 soal ( 90%), menganalisis (C4) sebanyak 9 soal (8,18%) serta tidak adanya tingkat kognitif memahami (C2), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Soal pilihan ganda dan esai pada SLPDV ini mendominasi pada tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi SPLDV belum proporsional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...