Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 2 (2022): Agustus

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS TAHAPAN POLYA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Masitoh, Siti (Unknown)
Yensy , Nurul Astuty (Unknown)
Utari, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan modul dengan model Creative Problem Solving berbasis tahapan Polya pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII A. Instrumen penelitian yaitu lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keefektifan modul berdasarkan nilai N-Gain mencapai 60,02% yang berada pada kategori cukup efektif dan didukung oleh uji t-paired test dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 yang berarti modul berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...