Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022

ANALYSING A MULTIPLE-CHOICE TEST TO FIND OUT THE ITEM FACILITY (IF), THE ITEM DISCRIMINATION (ID) AND THE DISTRACTOR EFFICIENCY

Sri Ariani Rini Hendrita (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menganalisa sebuah perangkat test atau ujian yang populer digunakan sebagai penilaian kelas terutama di kelas berukuran besar yaitu tes pilihan ganda. Tes pilihan ganda yang akan dianalisis dalam makalah ini adalah tes yang digunakan pada ujian akhir semester bahasa Inggris untuk siswa SMA kelas sebelas yang digunakan pada semester pertama. Tes ini dibuat oleh tim guru yang mengajar di lima SMA negeri di satu kota di Indonesia dan telah digunakan sebagai ujian akhir untuk lima sekolah ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui Item Facility (IF), Item Discrimination (ID) dan Distractor Efficiency dari tes tersebut. Setelah melihat pembedaan butir soal tes ini, ternyata ada beberapa butir soal yang menunjukkan ketidakjelasan atau bahkan jawaban yang dinyatakan oleh guru tidak benar. Ini dapat mempertanyakan validitas soal tes. Oleh karena itu tes pilihan ganda sebaiknya tidak digunakan sebagai alat tunggal untuk menilai kemampuan siswa karena hasil yang diberikan kurang valid, otentik, dan memberikan umpan balik yang tepat bagi guru dimana hal ini merupakan prinsip terpenting dalam melakukan penilaian. Kata Kunci: item facility, item discrimination and the distractor efficiency

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...