Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran jagung di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, 2) untuk mengetahui berapakah farmer’s share yang diterima petani jagung di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.Penelitian ini dilakukan di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan melakukan observasi dan wawancara.Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) saluran pemasaran jagung di Desa Monggupo memiliki 2 saluran pemasaran yang berlaku. Saluran I yaitu: Petani – Pedagang Besar – Antar Pulau dan saluran pemasaran II yaitu: Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Antar Pulau. 2) nilai farmer’s share terbesar ada pada saluran pemasaranI yaitu dengan jumlah 79,04% dan yang terkecil yaitu saluran pemasaran II yaitu dengan jumlah 61,90%. Maka berdasarkan kaidah keputusan, saluran pemasaran I dikatakan efisien karena lebih dari 70% dan saluran pemasaranII dikatakan tidak efisien karena kurang dari 70%.
Copyrights © 2022