Kemandirian belajar siswa yang kurang dapat menyebabkan hasil belajar kognitif yang diperoleh juga kurang optimal. Hal ini dapat terjadi karena model pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berupa model pembelajaran langsung (direct learning). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa. Desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4 dengan jumlah masing-masing siswa adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar, dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data dengan uji normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan uji ancova. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran flipped classroom berpengaruh signifikan terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa
Copyrights © 2022