Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Vol 7, No 2 (2022)

PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI MASA PANDEMI COVID-19

Yulia Rantika (Uin Raden Fatah Palembang)
Riris Utami Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Pemasaran digital merupakan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan anggaran promosi yang terbatas. Penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan website merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk menciptakan brand awareness, engagement, sales bahkan loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada 21 UKM yang sudah go online dan implikasinya pada keunggulan bersaing UKM tersebut. Digital marketing salah satu solusi dalam meningkatkan pemasaran UMKM di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM sebagai acuan bagi pelaku UMKM dalam peningkatan kinerja pemasaran. Hasil dari studi literatur dan wawancara kepada 10 pelaku UMKM yang telah menerapkan digital marketing, variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah social media marketing capability, e-commerce adoption, instant messaging orientation, digital marketing dan kinerja pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupeko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jupeko(Jurnal Pendidikan Ekonomi) e-ISSN : 2548-6187 a journal of scientific research with a focus on issues in economics education formal, non-formal and informal. Economic education is intended as a form of problem solving global economy based on observation, in-depth study of various economic ...