Pemasaran digital merupakan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan anggaran promosi yang terbatas. Penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan website merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk menciptakan brand awareness, engagement, sales bahkan loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada 21 UKM yang sudah go online dan implikasinya pada keunggulan bersaing UKM tersebut. Digital marketing salah satu solusi dalam meningkatkan pemasaran UMKM di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan digital marketing terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM sebagai acuan bagi pelaku UMKM dalam peningkatan kinerja pemasaran. Hasil dari studi literatur dan wawancara kepada 10 pelaku UMKM yang telah menerapkan digital marketing, variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah social media marketing capability, e-commerce adoption, instant messaging orientation, digital marketing dan kinerja pemasaran.
Copyrights © 2022