Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
Vol 7, No 2 (2022)

PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER VI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Nurcahyo Triono (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Sikap Kewirausahaan adalah kesiapan seseorang untuk merespon secara konsisten terhadap ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang wirausaha, yaitu percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan risiko dan suka tantangan, kepemimpinan, keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan. Pembelajaran kewirausahaan adalah ilmu pengetahuan yang luas dan bisa memberikan kemampuan untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif menuju kesuksesan di masa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket kuesioner kemudian dibentuk dengan skala likert. Uji hipotesis menggunakan Uji t parsial dan Uji F simultan. Dari hasil hasil analisis data menggunakan SPSS sikap kewirausahaan (X1) terhadap kesiapan berwirausaha (Y) nilai signifikan untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,038 0,05 dan nilai t hitung 2,139 2,940 t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak. Pembelajaran kewirausahaan (X2) terhadap kesiapan berwirausaha (Y) nilai signifikan untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,003 0,05 dan nilai t hitung 3,212 2,940 t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima. Sikap kewirausahaan (X1) dan pembelajaran kewirausahaan (X2) terhadap kesiapan berwirausaha (Y) nilai signifikan untuk pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 0,000 0,05 dan nilai F hitung 19,537 3,204 F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupeko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jupeko(Jurnal Pendidikan Ekonomi) e-ISSN : 2548-6187 a journal of scientific research with a focus on issues in economics education formal, non-formal and informal. Economic education is intended as a form of problem solving global economy based on observation, in-depth study of various economic ...