Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai toleransi dan sikap kepedulian sosial peserta didik melalui pembelajaran mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Mojoagung tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan jawaban dari fokus penelitian dengan tahap reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan Penanaman sikap toleransi melalui proses pembelajaran PPKn adalah mengintegrasikan sikap toleransi kedalam materi pembelajaran, membentuk peserta didik kedalam kelompok, memberi kesempatan peserta didik untuk menanggapi hasil pekerjaan kelompok lain, agar peserta didik terbiasa menerima dan menghargai pendapat orang lain dan mampu menerima adanya perbedaan. Selanjutnya penanaman sikap kepedulian sosial melalui proses pembelajaran PPKn adalah dengan mengintegrasikan sikap kepedulian sosial kedalam kegiatan pembelajaran, merumuskan indikator pencapaiak kompetensi yang sesuai dengan penanaman sikap kepedulian sosial dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran seperti metode ceramah dan group discussion
Copyrights © 2022